Bedanya udang dan Lobster <<<

Awalnya saya berpikir udang dan lobster itu hewan yang sama…

Dan ternyata..

Udang dan lobster adalah 2 jenis hewan yang berbeda…

*Dan Menurut berbagai sumber :

Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua “genangan” air yang berukuran besar baik air tawar,  air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Udang biasa dijadikan makanan laut (seafood). Dan dalam bahasa Jawa biasa disebut urang.

Lobster adalah salah satu  hewan yang  berbentuk unik seolah gabungan udang dan kepiting karena mirip udang berukuran besar dengan capit mirip kepiting yang besarnya hampir menyamai badannya. Padahal banyak juga lobster yang bercapit relatif kecil atau bahkan tidak bercapit sama sekali. Dalam silsilah, lobster termasuk ke dalam filum Arthropoda, subfilum Crustacea, kelas Malacotraca, ordo Decapoda, famili Nephropidae. Dari keluarga Nephropidae tersebut masih dapat dibagi lagi ke dalam subfamili dan genera Neophoberinae, Thymopinae dan Nephropinae.

Lobster dan udang juga mempunyai perbedaan secara fisik dan ruang lingkup hidupnya…

Udang itu :

@ Tidak mempunyai cupit seperti lobster.

@ Secara fisik juga lebih kecil.

@ Udang menjadi dewasa dan bertelur hanya di habitat air laut. Betina mampu menelurkan 50.000 hingga 1 juta telur, yang akan menetas setelah 24 jam menjadi larva (nauplius). Nauplius kemudian bermetamorfosis memasuki fase ke dua yaitu zoea (jamak zoeae). Zoea memakan ganggang liar. Setelah beberapa hari bermetamorfosis lagi menjadi mysis (jamak myses). Mysis memakan ganggang dan zooplankton. Setelah tiga sampai empat hari kemudian mereka bermetamorfosis terakhir kali memasuki tahap pascalarva: udang muda yang sudah memiliki ciri-ciri hewan dewasa. Seluruh proses memakan waktu sekitar 12 hari dari pertama kali menetas. Pada tahap ini, udang budidaya siap untuk diperdagangkan, dan disebut sebagai benur. Di alam liar, postlarvae kemudian bermigrasi ke estuari, yang sangat kaya akan nutrisi dan bersalinitas rendah. Di sana mereka tumbuh dan kadang-kadang bermigrasi lagi ke perairan terbuka di mana mereka menjadi dewasa. Udang dewasa merupakan hewan bentik yang utamanya tinggal di dasar laut.

@ Harganya lumayan terjangkau.

Dan lobster itu :

@ Mempunyai cupit.

@ Bentuknya lebih besar ketimbang udang.

@ Lobster hidup di lingkungan berbatu, berpasir atau berlumpur di sepanjang garis pantai hingga ujung continental shelf. Binatang yang satu ini gemar menyantap makhluk hidup baik, ikan, moluska, crustacean lainnya, ulat atau tanaman hidup.

@ Harganya mahal.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

*** Kedua hewan laut ini juga mempunyai kandungan omega/protein yang cukup tinggi, yang mana apabila kita sering mengkonsumsinya akan membuat otak kita  jadi lebih agak pintar “

*** Awalnya  saya  juga mengira kalo’ tokoh mr crab di kartun spongebob itu kepiting dan ternyata….



Mr crab itu….Lobster laut

About these ads

3 responses to “Bedanya udang dan Lobster <<<

  1. oo….begitu bedanya jadi tau sekarang…atau jangan2 perpaduan udang dgn kepiting lahirlah lobster….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s